Hmz… sebenarnya thread ini ditujukan kepada seorang kawan indonesia yang hendak melanjutkan studi ke Pusan National University. Mungkin agak telat untuk menuliskan semua ini, mengingat saya sudah hampir dua tahun tinggal di Korea, tapi daripada tidak sama sekali, ya lebih baik ditulis.. heheheh

Singkat kata ini list yang kira kira dibutuhkan :

  1. Paspor dan urusan surat menyurat.
  2. Obat obatan pribadi
  3. Baju secukupnya
  4. Makanan Indonesia secukupnya (baca: abon)
  5. Uang Korea secukupnya (Won)
  6. Kamus percakapan sederhana

Jika ada tambahan, silakan di comment :)

1. Passport dan surat menyurat

Paspor ini sangat penting karena berfungsi sebagai identitas. Tanpa paspor, anda akan kesulitan membuat Alien cArd, membuka rekening di bank, dan mengurus hape di Korea. Oleh sebab itu, perlulah kiranya bagi kita untuk menjaga paspor kita dalam kondisi yang aman selama berpergian. Selama perjalanan dari Surabaya ke Busan, saya  meletakkan paspor saya di map plastik bening yang berkunci dan memasukkannya di tas yang selalu saya bawa (tidak dimasukkan ke bagasi).

Tiap orang bisa berbeda. Anda bisa menggunakan kantongan saku ala jamaah haji untuk menyimpan passpor anda. Ini juga cara yang relatif aman.

2. Obat obatan pribadi

Obat obatan pribadi ini juga sangat penting, karena beberapa kawan indonesia tidak cocok dengan obat Korea. Ini mungkin beberapa list obat yang bisa dibawa

  • Obat influenza
  • Couterpain
  • Minyak telon
  • Obat asma
  • MInyak kayu putih
  • Balsem
  • Obat diare

3. Baju secukupnya

Saya tidak menyarankan untuk membawa baju banyak. Kalaulah ada baju yang perlu dibawa ya paling batik sama jas dasi  lengkap. Batik dipakai untuk acara acara resmi yang melibatkan delegasi indonesia, misal festival masakan indonesia atau inernational day, sementara jas dasi lengkap dipakai untuk presentasi thesis atau menghadiri konferens internasional.

4. Makanan Indonesia.

Di hari hari awal di korea, ada beberapa teman yang merasa ‘shock lidah’ dengan makanan Korea, walaupun sebenarnya makanan korea cukup menyehatkan dan enak. Bagi teman teman yang merasa seperti ini, ada baiknyauntuk membawa makanan ‘umum’ dari indonesia seperti abon atau dendeng sapi.

5.  Uang Korea (won)

Sebenarnya yang ini cukup optional. Tidak adapun tidak ada masalah. Tapi aklau ada lebih baik. Jika anda turun di bandara Incheon atau Gimhae, akan ada tempat penukrana uang. Tapi tentu saja dengan kurs yang ‘disesuaikan’

6.Kamus percakapan sederhana

Ada baiknya jika kita mengerti beberapa ekspresi sederhana dalam bahasa Korea. Semisal : “dimana toilet” atau “restorannya dimana”. Ini penting karena orang korea  lebih suka menggunakan bahasa korea daripada menggunakan bahasa inggris untuk percakapan sehari hari, bahkan dengan orang asing sekalipun.

hmz.. mungkin cukup itu dulu, jika ada tambahan atau saran, bisa ditambahakan di sesi komentar.